Rekomendasi 10+ Tempat Wisata Alam di Bogor yang Wajib Kamu Kunjungi!

Jumat, 03 Maret 2023


Bogor punya banyak tempat wisata yang seru dan menarik, apalagi pemandangan alamnya. Di kota hujan ini, kamu bisa merasakan udara yang sejuk sambil menikmati pemandangan alam yang indah.


Nah, untuk kamu yang yang berencana liburan atau menghabiskan akhir pekan di Bogor, simak beberapa rekomendasi tempat wisata alam di Bogor berikut ini:


1. Kebun Raya Bogor




Lokasi: Jl. Ir. Haji Djuanda No.13, Paledang, Bogor Tengah

Jam Buka: 08.00 – 17.00 WIB

Harga Tiket: Rp. 15.000


Kebun Raya Bogor merupakan salah satu tempat yang paling populer di Bogor. Sudah ada sejak tahun 1817, taman raya di tengah kota Bogor ini punya lebih dari 15.000 spesies tanaman dan merupakan tempat berdirinya istana presiden tertua di Indonesia, yaitu Istana Bogor.


Banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di Kebun Raya Bogor, mulai dari berolahraga atau hanya sekedar bersantai  bersama keluarga dan teman. Jadi jangan lupa mampir ke Kebun Raya Bogor saat berlibur yaa!


2. Hutan Pinus Gunung Pancar




Lokasi: Kp. Ciburial, Desa Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor

Jam Buka: 24 jam

Harga Tiket: Rp. 5.000 - Rp 7.500


Ingin piknik atau berkemah? Objek wisara hutan pinus di Gunung Pancar ini bisa jadi pilihan yang pas. Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas di alam terbuka seperti piknik, berkemah, hiking, hingga berkuda.


Selain itu, kamu bisa mampir ke pemandian air panas di tempat ini. Kapan lagi bisa merilekskan pikiran dengan berendam air panas sambil menikmati pemandangan pohon pinus dan suasana alam yang indah.


3. Situ Gede




Lokasi: Jl. Cilubang Malang, No. 37, Bogor Barat

Jam Buka: 24 jam

Harga Tiket: Rp. 5.000 - Rp 7.500


Situ Gede merupakan salah satu danau yang terkenal di Bogor dan menjadi tempat tujuan wisata alam yang banyak dikunjungi. Danau dengan luas 6 hektar ini cocok untuk melepas penat setelah beraktifitas.


Karena pesona alamnya yang sangat indah, jangan lupa untuk abadikan momenmu saat berada di Situ Gede melalui foto atau video singkat.


4. Taman Sakura Kebun Raya Cibodas




Lokasi: Jl. Taman Cibodas, Sindangjaya, Cipanas, Kec. Cianjur

Jam Buka: 07.00 – 16.00 WIB

Harga Tiket: Rp. 15.500 - Rp. 25.500


Ingin melihat bunga sakura yang indah? Tak perlu jauh-jauh ke Jepang karena kamu bisa merasakan keindahannya di Kebun Raya Cibodas yang berlokasi di Bogor. Menariknya, pohon sakura ini sudah ditanam sejak tahun 1971 lho.


Selain melihat keindahan sakura, di Kebun Raya Cibodas ini kamu juga bisa menikmati  keindahan sungai berair jernih serta tanaman hijau yang luas dengan pemandangan yang indah.


5. Paralayang Bukit Gantole Puncak




Lokasi: Jl. Raya Puncak KM 87, Bukit Paralayang, Puncak, Cisarua

Jam Buka: 08.00 – 17.00 WIB

Harga Tiket: Rp. 13.000 (tiket masuk) dan Rp. 350.000 (paralayang)


Keindahan Puncak Bogor dari ketinggian bisa kamu rasakan di Paralayang Bukit Gantole ini. Kamu bisa bersantai menikmati pemandangan alamnya atau merasakan pengalaman terbang dari ketinggian dengan paralayang.


Aktivitas ini sangat cocok untuk kamu yang hobi liburan yang sekaligus memacu adrenalin. Tenang, paralayang ini sangat aman karena ada pemandu yang ahli.


6. Taman Safari Bogor




Lokasi: Jl. Raya Puncak No.601, Desa Cibeureum, Cisarua

Jam Buka: 08.30 – 17.00 WIB (hari biasa) dan 08.00 – 17.00 WIB (hari libur / akhir pekan)

Harga Tiket: Rp. 180.000/orang


Belum pas rasanya kalau liburan ke Bogor tanpa mampir ke Taman Safari. Yap, Taman Safari ini sudah jadi icon Bogor yang wajib dikunjungi!


Di Taman Safari, kamu bisa melihat berbagai species fauna bahkan bisa berinteraksi langsung dengan fauna-fauna yang jinak.  Seru bukan?


Selain itu, ada berbagai aktivitas seru lainnya di Taman Safari seperti melihat berbagai pertunjukkan dan naik wahana permainan yang seru mulai dari wahana untuk anak sampai yang menguji adrenalin.


7. Curug Cibaliung




Lokasi: Jl. Raya Gn. Pancar, Karang Tengah, Babakan Madang, Sentul

Jam Buka: 24 jam

Harga Tiket: Rp. 15.000 (biaya masuk) dan Rp. 5.000 (biaya parkir)


Pemandangan alam lain yang dapat kamu temui di Bogor adalah air terjun yang jernih dan indah, salah satu yang terkenal adalah Curug Cibaliung.


Objek wisata alam ini akan membuatmu merasakan kesegaran dan keindahan alam sambil bermain di air yang jernih.


8. Flowers Garden Camp Hulu Cai 




Lokasi: Jl. Veteran III, Cibedug, Kec. Ciawi, Bogor,

Jam Buka: 24 jam

Harga Tiket: Rp. 20.000 per orang


Flowers Garden Camp Hulu Cai  merupakan destinasi yang cocok untuk menghabiskan liburan dengan suasana tenang dan damai bagi kamu yang lelah dengan hiruk pikuk perkotaan.


Wisata yang berada di Puncak Bogor ini ada di are resor yang dilengkapi dengan outbond sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tempat berlibur untuk keluarga.


9. Danau Quarry Jayamix




Lokasi: Kp. Nuggaherang, Tegalega, Cigudeg, Bogor

Harga Tiket: Rp. 2.000 per orang


Awal mulanya, Danau Quarry ini adalah galian tambang. Setelah lama tak beroperasi, bekas tambang itu pun digenangi oleh air hujan selama bertahun-tahun lamanya sehingga terbentuk lah danau buatan yang kini jadi tujuan wisata di Bogor.


Karena panoramanya yang sangat indah dengan permukaan air berwarna kebiaruan, akhirnya danau ini jadi tempat yang banyak dikunjungi saat liburan tiba.


10. Sawah Segar Sentul




Lokasi: Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor

Jam Buka: 10.00 - 18.00 WIB (hari biasa) dan 08.00 - 19.00 WIB (akhir pekan)


Sawah Segar Sentul cocok untuk kamu yang mencari destinasi wisata dengan view alam yang indah dengan resto yang menawarkan sajian lezat. Pengunjung resto ini biasa datang tak hanya untuk makan, tapi juga untuk menikmati pemandangannya yang indah.


Disini, kamu bisa merasakan sajian khas sunda yang nikmat diiringi suara gemercik air alami dari sawah yang ada di sekitar tempat makan.


11. Wisata Penangkaran Rusa Giri Jaya




Lokasi:Desa Buana Jaya, Tanjung Sari, Bogor

Jam Buka: 07.00 – 17.00 WIB

Harga Tiket: Rp. 2.500


Selanjutnya, wisata yang diminati para wisatawan di Bogor adalah Penangkaran Rusa Giri Jaya. Terdapat berbagai jenis rusa yang bisa kamu lihat di penangkaran ini.


Sambil menikmati pemandangan alamnya yang sejuk dan asri, kamu bisa berinteraksi langsung dengan rusa-rusa disana. Seru kan?


12. Lembah Tepus




Lokasi: Jl. Curug Cigamea, Gn. Sari, Pamijahan, Bogor

Jam Buka: 07.00 – 17.00 WIB

Harga Tiket: Rp. 10.000 - Rp. 30.000


Berlokasi di Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), Lembah Tepus merupakah tempat wisata hits berupa sungai dan air terjun bertingkat.


Air terjun yang bertingkat dengan warna biru jernih menjadi daya tarik Lembah Tepus ini. Untuk kamu yang ingin menghabiskan akhir pekan dengan merilekskan mata dan pikiran, tempat ini cocok untukmu.


Itu dia 10+ rekomendasi wisata alam Bogor yang bisa jadi pilihan untuk destinasi liburanmu di Kota Hujan ini. Untuk kamu yang berada di Jabodetabek atau Bandung, pilihan transportasi darat dengan shuttle travel sangat cocok untuk mengunjungi tempat-tempat di atas. Tertarik untuk coba? Booking tiket travelnya disini.